Me and Friends

Me and Friends
FOSMAN (Forum Scientist Muda Nasional)

Minggu, 30 November 2014

Rumahku, Rumahmu juga

Widya Castrena Dharma Siddha, itulah semboyan dari Resimen Mahasiswa (MENWA). Semboyan ini berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya Penyempurnaan pengabdian dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan”. Ada hal yang berbeda setalah saya bergabung dengan Menwa. Jadi kekeluargaan disini sangat tinggi. Hubungan dengan alumni dan satuan Menwa lainnya.
Pengalamanku saat di Universitas Indonesia dalam rangka Konferensi Ilmuan Muda Indonesia (KIMI) selama 1 minggu (senin-sabtu) pada September 2013, saya mengunjungi Markas Menwa Wira Makara. Wah, saya langsung disambut hangat oleh anak-anak Menwa disana. Saat bermain di markas Menwa UI, rasanya seperti Studi Banding. Jadi, saya aktif di dua Organisasi nih KSI MIST (Organisasi Penelitian) dan Menwa. Berbincang-bincang, membicarakan kegiatan yang dilakukan masing-masing satuan. Waktu itu, saya ditemani oleh Bu Ria (wakil komandan Menwa UI). Ohya, saya tidak sendiri lho, saya ditemani oleh adik kecilku di Menwa namanya Kinta. Kadang-kadang, kangen sama itu anak. Merasa bersalah juga kalau sering saya tinggal-tinggal. “maafkan ibu ya naaak....”
“Rumahku, Rumahmu juga” inilah Menwa. Satu Markas satuan adalah Markas bersama Menwa Indonesia. Dua hari yang lalu, saya menuju Bank guna membayarkan administrasi dalam acara Young Enterpreneur Training (YET 2015) Januari mendatang. Di tengah-tengah perjalanan hujan turun dengan derasnya, sebelnya tidak membawa jas hujan. Saya bersama temanku, Rita berteduh di depan Institut Pertanian Yogyakarta (Instiper). Kebetulan, pada waktu itu berdekatan dengan Markas Menwa Instiper. Selang beberapa menit, anak Menwa yang pada saat itu piket memanggil kami untuk berteduh di Markasnya. Saya dan temanku dengan senang hati untuk berteduh di Markasnya. Terjadi perbincangan dan perkenalan diantara kita...
“Pak, piket sendirian?”Tanyaku
“Ow..tidak. Nanti teman saya datang.”jawabnya
“Bapak Yudha berapa?”tanyaku
Ia tersenyum dan balik tanya padaku “Ibu Menwa juga?”
“Ya, saya Menwa.”Jawabku sambil tersenyum
Setelah itu bertanya kembali dengan wajah keingintahuan “Menwa mana bu? UPN?”
“Bukan, Menwa UNY.”jawabku dengan santai
“Kalau saya Yudha XXXVII.”Menjawab pertanyaan awalku
“Owh, kalau saya Yudha XXXV.”Kataku memberi tahu
Setelah kami berkenalan antar Menwa, lanjut perkenalan nama. Jadi, ia bernama Heri asal Flores. Setelah kami berkenalan nama, ia berkata “Kenapa tadi ibu tidak langsung masuk kesini (Markas)? Inikan rumah ibu juga.”
Ya, begitulah. Dulu, waktu saya menjadi Finalis di UI dan mengunjungi markas Menwa UI baru terpikirkan mengenai hal ini. Padahal, kalau saya mau menginap di Markas Menwa UI pasti diperbolehkan. Kalau saja saya langsung menghubungi teman-teman Menwa UI saya bisa hemat biaya penginapan, haha. Tapi jujur ya, niat utama bukan untuk menghemat, tapi menjalin silaturahim antar satuan. Senang banget rasanya. Sambil menyelam minum air. Menjadi Finalis dalam Event lomba menulis (essay, LKTI, artikel, dll) dan silaturahim ke Menwa Indonesia.

Ini sebagian dokumentasi pada saat aku berkunjung ke Menwa Universitas Indonesia, Jakarta.
Ruang Tamu Menwa Wira Makara, UI. Bersama Wadan Ria.

Foto bersama Menwa Wira Makara setelah penurunan Bendera. Jadi, saya dan Kinta ikut serta dalam penurunan Bendera.

Foto bersama di depan tulisan Markas Komando (MAKO) Menwa Wira Makara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar